Mitra

Dalam melaksanakan Program Penguatan ISPO, KEHATI bekerjasama denga beberapa mitra terkait, diantaranya IRE, JAVLEC, PSP3-IPB, Kaoem Telapak, LEI dan Auriga. Mitra-mitra ini dipilih berdasarkan potensi dan spesialisasi tiap mitra, dan juga disesuai kan atas kebutuhan KEHATI demi mencapai target-target yang telah ditetapkan dalam program.

 

Auriga merupakan organisasi yang bergerak di bidang konservasi sumber daya alam dan lingkungan melalui pengembangan investigasi dan advokasi demi terwujudnya perubahan kebijakan yang lebih baik. Dalam Program Penguatan ISPO, Auriga melakukan pemetaan luasan tutupan sawit nasional, dan pemetaan dan pendataan sawit rakyat di beberapa wilayah pilot. Usaha penyediaan basis informasi berupa peta dan data kepemilikan lahan yang akurat menjadi penting dalam merancang kebijakan tata kelola sawit.

Kaoem Telapak merupakan organisasi yang berperan aktif dalam pembangunan dan pengembangan jaringan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Dalam Program Penguatan ISPO, Kaoem Telapak membangun jaringan pemantau indipenden, sehingga implementasi sertifikasi ISPO dapat dikawal secara indipenden. Selain itu, Kaoem Telapak juga merancang mekanisme complain, sehingga jalur keterlibatan publik dalam pengawasan impementasi sertifikasi ISPO menjadi jelas dan efektif.

LEI atau Lembaga Ekolabel Indonesia merupakan organisasi yang berperan aktif dalam perancangan dan pelatihan mekanisme sertifikasi untuk menjamin komoditas perkebunan dan kehutanan yang lestari. Dalam Program Penguatan ISPO, LEI mempersiapkan berbagai pedoman-pedoman sertifikasi agar implementasi kebijakan ISPO dapat berjalan sesuai prosedur dan konsisten. Selain itu, LEI juga melakukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas sumber daya manusia yang terlibat dalam skema sertifikasi ISPO.

PSP3-IPB atau merupakan organisasi yang berperan aktif dalam menyumbangkan pemikiran melalui berbagai kegiatan terkait pembangunan pertanian dan pedesaan, baik berupa penelitian, pelatihan, diskusi, seminar, publikasi, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam Program Penguatan ISPO, PSP3-IPB melakukan studi terkait kesiapan sawit rakyat terhadap sertifikasi ISPO. Studi ini menjadi penting untuk mempersiapkan skema ISPO yang inklusif terhadap sawit rakyat.

IRE atau Institute for Research and Empowerment merupakan organisasi yang berperan aktif dalam mengembangkan pengetahuan untuk mempengaruhi kebijakan strategis menuju terwujudnya negara yang kuat dan masyarakat lokal yang mandiri. Dalam Program Penguatan ISPO, IRE mendampingi desa untuk meningkatkan kapasitas petani dalam berkebun, dan mengidentifikasi dan implementasi resolusi bagi permasalahan lahan sawit rakyat melalui pendekatan desa. Dalam melakukan pekerjaan terkait resolusi permasalahan lahan, IRE bekerjasama dengan JAVLEC. JAVLEC atau Java Learning Center merupakan organisasi yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat desa hutan, memperluas ruang kelola serta memperkuat hak akses masyarakat pada pengelolaan sumber daya hutan melalui pengembangan pengetahuan, penguatan organisasi masyarakat sipil, dan advokasi kebijakan.