Publikasi

Program Penguatan ISPO melakukan beberapa studi untuk mendukung keputusan-keputusan yang akan dilaksanakan dalam program. Adapun studi-studi tersebut menjadi mungkin dilakukan dengan pelibatan mitra dan konsultan terkait. Publikasi studi-studi ini dilakukan untuk membuka akses public terhadap pengetahuan-pengetahun yang telah diperoleh.

Sawit Rakyat: Pemetaan Kerangka Kebijakan, Kondisi Nyata, dan Aksi Lapangan (Buku)

Sawit Rakyat: Pemetaan Kerangka Kebijakan, Kondisi Nyata, dan Aksi Lapangan (Buku)

admin - 26/12/2018, 14:16 WIB

Sejarah industri sawit Indonesia melibatkan dinamika politik dan ekonomi yang kompleks. Dibangun di atas lemahnya institusi alokasi lahan, praktik perkebunan sawit Indonesia ditengarai sebagai salah satu pemicu konflik sosial dan berbagai permasalahan lingkungan, seperti deforestasi, pembukaan lahan gambut, polusi perairan, degradasi tanah dan hilangnya keanekaragaman hayati. Pelaku usaha perkebunan sawit yang bertanggungjawab atas kondisi tersebut tak hanya berasal dari kalangan perusahaan. Dari total luasan kebun sawit Indonesia sekitar 16,83 juta hektar, diperkirakan 41 persen adalah perkebunan rakyat. Tanpa terelakkan, ekspansi penguasaan lahan untuk perkebunan sawit rakyat terus berlanjut dan nekad dilakoni oleh pekebun sampai masuk ke kawasan yang berstatus sebagai hutan.

Kondisi ini menjadi perhatian khusus bagi Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) yang saat ini tengah mendukung proses Penguatan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. ISPO merupakan skema sertifikasi yang dikembangkan Pemerintah Indonesia untuk menjamin tata kelola sawit berkelanjutan. Salah satu ide penguatan ISPO adalah mewajibkan sertifikasi tersebut untuk sawit rakyat. Padahal, sampai saat ini hanya 3.631 hektare kebun sawit rakyat saja yang telah tersertifikasi. Hal ini tak terlepas dari kesulitan yang dihadapi sawit rakyat dalam memenuhi standar ISPO.

Dalam Program Penguatan ISPO, KEHATI melakukan identifikasi dan pengkajian terhadap perkebunan sawit rakyat dan pilihan-pilihan yang dapat dilaksanakan untuk melakukan perbaikan. Buku ini fokus pada usaha-usaha meningkatkan kemampuan pekebun sawit terhadap sertifikat ISPO dan menyiapkan pra-kondisi yang dibutuhkan, termasuk perbaikan kebijakan. Buku ini mencoba merekam persoalan dan merumuskan skenario persiapan sawit rakyat menuju sertifikasi ISPO.

Unduh