Publikasi

Program Penguatan ISPO melakukan beberapa studi untuk mendukung keputusan-keputusan yang akan dilaksanakan dalam program. Adapun studi-studi tersebut menjadi mungkin dilakukan dengan pelibatan mitra dan konsultan terkait. Publikasi studi-studi ini dilakukan untuk membuka akses public terhadap pengetahuan-pengetahun yang telah diperoleh.

Penyelesaian Masalah Penguasaan dan Pemanfaatan Kawasan Hutan Untuk Perkebunan Sawit Rakyat (Laporan)

Penyelesaian Masalah Penguasaan dan Pemanfaatan Kawasan Hutan Untuk Perkebunan Sawit Rakyat (Laporan)

admin - 11/06/2018, 10:09 WIB

Kawasan hutan negara (baca: kawasan hutan) telah lama menjadi arena kontestasi antara negara, pengusaha dan masyarakat dalam penguasaan dan pemanfaatannya. Kontestasi muncul karena negara, di satu sisi, berkehendak mengontrol kawasan hutan dengan menerapkan strategi teritorilisasi, dan di sisi lain, masyarakat sangat tergantung dengan sumber daya hutan baik untuk kegiatan ekonomi, religi maupun budaya. Karena keterbatasan sumber daya dan kepentingan ekonomi-politik elit berkuasa, negara tidak mengusahakan sendiri kawasan hutan yang dikontrolnya, melainkan menyerahkan kepada usaha-usaha skala besar.

Dalam perkembangannya, pelaksanaan strategi teritorilisasi dengan cara menentukan batas-batas kawasan hutan yang menghasilkan peta kawasan hutan berlangsung beriringan dengan bertambahnya penduduk dan penggunaan kawasan hutan oleh masyarakat. Penetapan kawasan hutan tidak serta merta mengurangi atau menghentikan kegiatan penguasaan dan pemanfaatan kawasan hutan oleh masyarakat, sekalipun berbagai pengusiran paksa dilakukan. Itu sebabnya, penyebutan angka luasan kawasan hutan oleh Pemerintah sebenarnya tidak merefleksikan keadaan di lapangan yakni berlangsungnya kontrol efektif oleh negara.

Buku ini menjelaskan lebih lanjut hasil studi dari kertas kebijakan 'Kepastian Hukum Bagi Perkebunan Sawit Rakyat dalam Kawasan Hutan'.

Unduh