Publikasi

Program Penguatan ISPO melakukan beberapa studi untuk mendukung keputusan-keputusan yang akan dilaksanakan dalam program. Adapun studi-studi tersebut menjadi mungkin dilakukan dengan pelibatan mitra dan konsultan terkait. Publikasi studi-studi ini dilakukan untuk membuka akses public terhadap pengetahuan-pengetahun yang telah diperoleh.

Ketertelusuran (Traceability) Dalam Kelapa Sawit Berkelanjutan

Ketertelusuran (Traceability) Dalam Kelapa Sawit Berkelanjutan

admin - 11/06/2018, 10:15 WIB

Traceability atau yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi 'keterlacakan' atau ‘ketertelusuran’ memiliki banyak interpretasi jika diterapkan dalam produksi minyak sawit berkelanjutan, terutama berkaitan dengan tren yang berkembang belakangan di kalangan pembeli minyak sawit di Eropa dan Amerika Utara. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menjelaskan penggunaan istilah yang berbeda-beda tersebut untuk dan memberikan pemahaman lebih terhadap traceability dalam berbagai penggunaan istilah. 

Secara umum definisi traceability adalah kemampuan untuk melacak sejarah, lokasi atau penggunaan sebuah benda dengan menggunakan cara pencatatan identifikasi yang tersimpan1. Dalam konteks rantai pasok komoditas, traceability adalah kemampuan untuk mengidentifikasi dan melacak asal, distribusi,......

Unduh